Pages

Subscribe:

Thursday, April 23, 2020

Mudik vs Pulang Kampung, Apa Bedanya?

Belakangan ini ada sebuah pernyataan dari Presiden Republik Indonesia Pak Joko Widodo tentang perbedaan Mudik dan Pulang Kampung. Pernyataan itu di tayangkan disebuah Program Trans TV yang bernama Mata Najwa. Program yang di Pandu oleh Najwa Shihab ini memang sering jadi perbincangan publik, itu karena tema yang terkini, topik pembicaraan yang menarik, dan pertanyaan yang memang jadi pertanyaan publik juga.

Tapi yang menarik, dalam program Mata Najwa dengan tema "Jokowi Diuji Pandemi" ada pernyataan dari Pak Presiden Joko Widodo tentang perbedaan Mudik dengan Pulang Kampung. Pada saat itu, Najwa Shihab sedang menanyakan tentang para masyarakat yang terlanjur mudik ke kampung halamannya pada masa COVID-19 ini. Lalu dengan sigap Pak Jokowi mengatakan kalau itu bukan "MUDIK" melainkan "Pulang Kampung".

Pak Jokowi Beranggapan jika "MUDIK" dan "Pulang Kampung" itu berbeda secara maksud dan waktu. Di Program tersebut Pak Jokowi menjelaskan bahwa Mudik adalah kegiatan tahunan masyarakat untuk kembali ke kampung pada Hari Raya Idul Fitri (Lebaran). Sementara  Pulang Kampung adalah masyarakat yang bekerja di Jabodetabek tetapi sudah tidak ada pekerjaan pulang ke kampung karena anak istrinya ada di kampung. Jadi intinya "Mudik hanya ada dihari Raya Idul Fitri, sedangkan Pulang Kampung bisa dilakukan kapan saja karena alasan tertentu".

Orang awam mungkin tidak akan langsung mengerti dengan penjelasan Pak Presiden Jokowi jika melihat langsung di Televisi, karena penjelasannya yang agak samar-samar. Tapi jika sudah disimpulkan secara maksud dan waktunya, sepertinya terdengar sedikit agak masuk akal.

Dalam kamus besar bahasa Indonesia Mudik dan Pulang Kampung sendiri memang di bedakan sebagai berikut.

Mudik
° (berlayar, pergi) ke udik (hulu sungai, pedalaman): dari Palembang -- sampai ke Sakayu
° cak pulang ke kampung halaman: seminggu menjelang Lebaran sudah banyak orang yang --

Pulang kampung
kembali ke kampung halaman; mudik: dia -- kampung setelah tidak lagi bekerja di kota

Ternyata Pak Jokowi sendiri mengulang pengertian sesuai Kamus Besar Bahasa Indonesia, bukan asal ngomong saja. Tapi saya sendiri belum tahu, apakah benar dari awal seperti ini atau sudah diubah setelah Program Mata Najwa itu sendiri. Karena sebelum program tersebut, saya sendiri tidak mengecek terlebih dahulu definisi Mudik dan Pulang Kampung Itu sendiri dalam KBBI. 


Wikipedia Telah Mengubah Definisi Mudik

Sebelum Program Mata Najwa bertema "Jokowi Diuji Pandemi" dimulai, Di Wikipedia tertulis bahwa Mudik atau Pulang Kampung adalah istilah bahasa Indonesia untuk aktivitas dimana migran atau pekerja migran pulang ke kampung halaman atau desa selama atau sebelum liburan besar terutama lebaran (Idul Fitri). 

Tapi setelah Program itu tayang artikel tentang Mudik di Wikipedia dirubah menjadi, Mudik adalah kegiatan perantau/pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya. Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari Raya besar keagamaan misalnya menjelang Lebaran. 

Tapi setelah saya cek sendiri di Wikipedia dengan pencarian Mudik, sepertinya pengertiannya sudah kembali ke awal. Selain itu ikon pensil di kanan atas ada tambahan gembok/terkunci, yang artinya artikel ini tidak dapat diedit kembali. 



Catatan:
Untuk melakukan riset informasi dalam artikel ini saya menggunakan media online seperti wikipedia, website postal berita dan aplikasi KBBI di Android keluaran Kemendikbud, jadi saya belum mengecek secara langsung Cetakan Buku KBBI itu sendiri. 

0 comments:

Post a Comment